Iklan Home

Permata Haul (PH) Perkumpulan Santri Muda Tangerang yang Nyentrik


KABARKRONJO.COM, KRONJO - Pada kesempatan kali ini tim redaksi KabarKronjo.com mencoba mengulas perkumpulan santri muda yang nyentrik dari Kronjo.


Permata Haul adalah akronim dari Persatuan Marhaba Ratib dan Haul yang kemudian di singkat (PH), Permata haul atau PH berawal dari perkumpulan santri santri muda Kronjo yang mencoba mempererat tali silaturrahmi antar santri se Kronjo melalui kegiatan Marhaba, Ratiban, Tahlilan dan Haulan.

Budaya di Kronjo dan sekitarnya adalah ketika ada tokoh santri, ulama atau ustadz yang meninggal sering mengadakan acara Haulan yang kemudian mengundang para santri, kiyai, ulama sekitar untuk ikut mendoakan al marhum, dari sinilah cikal bakal munculnya Permata haul atau PH.

Berawal dari silaturrahmi inilah kemudian muncul ide untuk mendirikan perkumpulan santri-santri muda untuk lebih mempererat dan mengorganisir para santri khususnya di wilayah Kronjo dan sekitarnya.

Ide ini muncul dari dua orang tokoh santri muda Kronjo yakni Ustadz Hanapi dan Ustad Ahmad Sanwawi atau lebih dikenal dengan ustadz Madun.

Pada tahun 2017 resmilah Permata Haul dibentuk, awal kegiatan Permata Haul hanya sebatas perkumpulan untuk meramaikan acara Marhaba, Ratiban, Tahlilan dan Haulan. Namun siring waktu berjalan bentuk kegiatan terus mengalami perluasan, seperti kegiatan Sosial khususnya membantu pondok pesantren anggota Permata Haul, pengajian, dan juga kajian kajian umum. Hingga tahun ini 2021 Permata Haul sudah berumur 4 tahun

Seiring perkembangan waktu anggota Permata Haul tidak hanya dari kalangan santri namun sudah lintas propesi dan kehalian, saat ini anggota Permata Haul sudah ada dari unsur pengusaha, politikus, ASN, pedagang, pemborong.


Wilayah Cakupan Permata Haul
Awalnya Permata Haul hanya fokus pada mempererat santri di wilayah Kronjo, namun saat ini sudah lintas kecamatan bahkan kabupaten dan kota yang ada di Banten



Budaya Laqob yang Unik
Sebagai mana kehidupan santri, pemberian Laqob atau gelar, maka di Permata Haul itu menjadi tradisi sebagai cara mempererat dan bentuk penghormatan, contohnya Ustad Sanwawi atau ustadz Madun yang merupakan salah satu pendiri Permata Haul mempunyai sebutan TGS, artinya Tuan Guru Saga, kenapa di beri sebutan TGS karena tempat tinggal beliau  di Saga Blukbuk, kemudian Ustadz Hanapi yang juga merupakan pelopor dan pendiri Permata Haul mempunyai sebutan TGB, yang artinya Tuan Guru Bakung, disebut TGB karena tinggal di Bakung Kronjo.



Struktur Organisasi
Pada umumnya organisasi memunyai struktur yang baku, AD/ART, namun di Permata Haul tidak seperti itu, dari budaya yang ada ketua Permata Haul diisi oleh santri yang dianggap paling mumpuni dan tidak dipilih, hanya pengakuan secara alamiyah saja, sebagaimana struktur para kiyai sepuh yang tidak ditunjuk malainkan secara alamiah, saat ini Permata Haul di ketuai oleh Ustadz Hanapi.


Sumber : Ustadz Ahmad Sanwawi, Alias Ustadz Madun, Alias TGS



 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel