Iklan Home

Ini Pesan Terakhir BJ Habibie ke Melanie Subono : Mel, Jangan Berhenti Jadi Pemberontak

Habibie & Melani
KABARKRONJO.COM, NASIONAL - Banyak kenangan yang dijalani Melanie Subono dengan BJ Habibie yang menghembuskan nafas terakhirnya Rabu (11/9/2019).

Melanie yang merupakan cucu Habibie acap kali menghabiskan waktu bersama. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga saat keduanya bertemu di Jerman.

Dia mengisahkan saat sebelum meninggal, Minggu (8/9/2019), dia sempat mengunjungi Presiden ke-3 RI itu di rumah sakit. “Hari Minggu itu masih bisa benar-benar komunikasi. Aku datang sekeluarga, terus ngobrol. Saat sudah keluar dipanggil lagi, Eyang jejerin suster, lalu bilang ‘cucu saya juga perempuan, perempuan makhluk hebat. Hari ini sudah bisa jadi apa saja yang kalian mau, jadi perempuan harus kuat,” ungkapnya saat menjadi bintang tamu Brownis, Jumat (13/9/2019) siang.

Lalu, Habibie mengatakan kepada Melanie, ‘Mel, jangan pernah berhenti jadi pemberontak’. Habibie paham, Melanie jadi pemberontak atas kebenaran yang selama ini disuarakannya.

Setelah hari itu, Habibie sudah sulit berkomunikasi. “Eyang di rumah sakit sudah cukup lama. Terakhir-terakhir di ICU untuk menghindari orang-orang datang dan berbicara yang membuatnya capek. Senin, sudah enggak bisa banyak komunikasi,” jelasnya.

Melanie mengatakan Habibie adalah figur manusia biasa, hal yang kadang sering dilupakan publik. “Orang suka lupa, Eyang juga manusia biasa terlepas dari kejeniusannya. Dia manusia yang konyol, romantis,” ungkapnya.

Habibie katanya benar-benar romantis bahkan lebih romantis dari yang tersaji di Film Habibie Ainun. “Saat pertama kali film itu tayang, banyak yang tanya apakah romantisnya Eyang itu didramatisir. Enggak, kami mencari momen dimana Eyang Habibie tidak bersama Eyang Putri (semasa hidup), ternyata enggak ada. Mereka selalu bersama dan jauh lebih romantis,” pungkasnya.
(Sumber : Pojok Satu.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel